Sabtu, 11 Mei 2013

Arsitektur Gedung berbentuk Aneh Kini Menjamur Di Cina


Cina adalah negara terkuat dalam bidang ekonomi di dunia saat ini, hal itu bisa dilihat dari pertumbuhan perekonomian Cina yang menunjukkan angka surplus setiap tahunnya.
Gedung pencakar langit pun bermunculan di sana bak jamur-jamur yang tumbuh setelah hujan turun, hal itu dimaksudkan untuk melambangkan kekuatan dan kemajuan Cina dan pemerintah Cina. Namun sayangnya, bangunan pencakar langit di Cina ternyata banyak memiliki desain dan bentuk yang sangat aneh.

Bentuk kantor pusat untuk Harian Rakyat, koran resmi pemerintah China, dimaksudkan untuk melambangkan bumi dan langit, atau jika dipandang dari udara maka akan membentuk karakter Cina untuk kata untuk orang (人). Tapi faktanya gedung tersebut berbentuk seperi penis raksasa.

Salah satu sudut pandang dari markas Harian Rakyat yang belum selesai itu terlihat aneh seperti penis raksasa.

Visualisasi Markas Harian Rakyat seharusnya terlihat apa ketika selesai dibangun. Gambar via Designboom.com
Akan tetapi setelah warga Beijing mengamati gedung pencakar langit yang belum selesai itu dari satu sudut pandang yang berbeda ternyata membentuk sesuatu yang lain. Pada situs Sina Weibo, blogger dari China bercanda dengan mengatakan bahwa bangunan itu mirip dengan sepasang celana boxer, pemerintah China pun akhirnya mulai memblokir pencarian untuk kata ‘Pembangunan Harian Rakyat’ pekan lalu.

Gedung pencakar langit aneh semakin banyak dan memenuhi langit China, negara dengan reputasi produktif ini tidak ubahnya seperti ‘taman bermain dengan desain terburuk’.” Bangunan Cina yang tidak menarik perhatian telah menjadi hal yang umum bagi rakyat di sana.

Sebuah bangunan dalam bentuk koin tradisional Cina raksasa di timur laut China terpilih sebagai salah satu bangunan terjelek di dunia tahun lalu. Getty Images / Foto China

Gedung pemilih online Cina peringkat Pangu Plaza, digunakan selama Olimpiade Beijing 2008,
sebagai salah satu bangunan terjelek di Cina ini tahun ini. Foto via AP / Greg Baker

Perusahaan arsitektur Cina, Archcy memulai survei penduduk untuk menentukan 10 bangunan terjelek di Cina. Ada seorang arsitek tahun lalu yang mengatakan bahwa memilih hanya 10 bangunan terjelek adalah ‘sangat sulit’, akan tetapi dia bisa memilih satu juta bangunan terjelek.
Tahun 2012, kota Fushun menghabiskan sekitar US $ 16 juta untuk pembangunan sebuah gedung pencakar langit berbentuk cincin baja raksasa, yang memiliki lampu LED di dalamnya. Nama gedung itu adalah ‘Ring of Life’ (Cincin Kehidupan).
Sebuah bangunan kantor pemerintahan di Anhui China, meniru Capitol Amerika Serikat. Foto via China Whisperer

Bangunan Sains dan Teknologi Guiyang di Guizhou, Cina telah dipilih sebagai salah satu bangunan terjelek di Cina pada 2013. Foto via archcy.com
Pembangunan ‘Cincin Kehidupan’ itu menjadi diskusi yang hangat di Sina Weibo. Ada blogger yang mengatakan :
“Semua bangunan aneh berharga jutaan dollar ini bisa membantu banyak anak-anak untuk pergi ke sekolah?”
Blogger lainnya mempertanyakan apakah ada kemungkinan korupsi pemerintah berada di balik proyek-proyek berdana besar ini.

Gedung ini di timur laut kota Fushun dibuat dengan lebih dari 3.000 ton baja dan dihiasi dengan 12.000 lampu LED lights. Foto via Sina Weibo

Hotel Beijing Tianzi menduduki peringkat bangunan terjelek China untuk 2012.Foto via AP / Elizabeth Dalziel

Gedung LV Building Shanghai. Foto via www.archcy.com

Dalam sebuah artikel 2004 tentang kekuatan estetika dan arsitektur di Cina, kritikus budaya Zhu Dake menulis bahwa gedung pencakar langit aneh sedang menggila di China, pemerintah dan pihak konstruktor swasta tidak hanya menciptakan sampah beton dalam jumlah besar, tetapi juga merusak citra pemerintah secara nyata.”