Minggu, 30 Juni 2013

4 Alasan Makan Roti Tidak Baik


Roti tampaknya sudah menjadi teman makan banyak orang. Selain mengenyangkan, mudah didapatkan, rasa roti juga beraneka ragam. Meski begitu, bukan berarti roti adalah makanan yang menyehatkan.

Berikut adalah alasan mengapa Anda tak boleh terlalu banyak makan roti, seperti dilansir oleh Times of India (16/01).

1. Tak bernutrisi
Tak seperti makanan lain, roti terutama roti putih tidak mengandung nutrisi. Dengan memakan roti, Anda tak akan mendapatkan serat atau manfaat dari gandum utuh yang ada di dalamnya. Meski begitu, roti yang dibuat dari gandum masih mengandung sedikit nutrisi. Jadi, jika Anda ingin mengonsumsi roti untuk mendapatkan nutrisi, pilihlah roti gandum.

2. Terlalu banyak garam
Kebanyakan roti, terutama roti hasil olahan yang dibeli di supermarket, mengandung banyak garam dan sodium. Jadi, jika Anda mengonsumsi roti, jangan lupa untuk selalu menghitung sodium yang ada di dalamnya. Tentu saja mengonsumsi satu atau dua lembar roti tawar tak akan berbahaya. Namun akan lebih baik jika Anda membuat dan memanggang roti sendiri di rumah, tanpa menggunakan terlalu banyak garam.

3. Membuat gemuk
Karbohidrat, garam, pengganti gula, dan bahan pengawet yang ada dalam roti bisa membuat berat badan bertambah. Jadi jangan terlalu banyak mengonsumsi roti jika ingin menjaga berat badan. Makan roti sesekali tak masalah, namun pilihlah roti yang sehat.

4. Tak membuat puas
Meski mengenyangkan, namun roti tak bisa membuat Anda puas karena kurangnya nutrisi di dalamnya. Selain itu, roti juga bisa tidak mengenyangkan jika dikonsumsi hanya sedikit.

Itulah beberapa alasan Anda tak boleh terlalu sering makan roti. Daripada makan roti, lebih baik Anda mengonsumsi makanan yang lebih bernutrisi dan bai8k untuk kesehatan tubuh.