Sabtu, 20 Juli 2013

NCGC Gedung Terbesar Di Dunia



China resmi membuka gedung terbesar di dunia di provinsi Sichuan yang mampu menampung 20 gedung opera Sydney, Australia dan tiga kompleks gedung pertahanan Amerika Serikat Pentagon di dalamnya.

Gedung New Century Global Center (NCGC) di kota Chengdu, Provinsi Sichuan, ini memiliki luas lebih dari 1,7 juta meter persegi. Di dalam gedung ini terdapat sejumlah pusat perbelanjaan, sebuah taman permainan air, tempat seluncur es, beberapa hotel, hingga pantai buatan.

Selain itu, gedung yang hampir seluruh dindingnya dilapisi kaca ini memiliki matahari buatan yang difungsikan untuk mengatur suhu di dalam gedung raksasa ini.

Gedung ini memiliki panjang 500 meter, lebar 400 meter, dan tinggi 100 meter. Menurut Pemerintah China, NCGG adalah gedung terbesar di dunia. Pembangunannya membutuhkan waktu tiga tahun.

Seorang pemandu, Liu Xun, menjelaskan, matahari buatan di dalam gedung ini menyediakan cahaya dan panas selama 24 jam sehari. Hal itu membuat pengunjung merasa nyaman mengeksplorasi pusat-pusat perbelanjaan yang totalnya seluas 400.000 meter persegi itu.

Bangunan ini berdiri di pusat kawasan yang baru dikembangkan di Chengdu, yaitu distrik New Tainfu. Seperti kota-kota besar lainnya di China, Chengdu juga berkembang pesat.

Kota berpenduduk 14 juta jiwa ini juga tengah membangun jaringan kereta api bawah tanah dan bandara baru yang menurut rencana selesai dibangun pada 2020.

Setelah gedung raksasa ini, Chengdu juga akan membangun bangunan besar lain yang akan berdiri tepat di seberang NCGG. Gedung itu adalah Pusat Seni Kontemporer Chengdu, yang dirancang arsitek ternama Inggris berdarah Irak, Zaha Hadid.