Kamis, 25 Oktober 2012

Robot Pertama Yang Berjenggot Dan Bule

(Jelajahunik.us)Robot Geminoid, yang tampak luarnya 'kembar' dengan manusia, telah dibuat beberapa kali. Namun ini adalah untuk pertamakalinya ia menyerupai pria non-Jepang dan berjenggot.
Dibuat oleh Kokoro dan Hiroshi Ishiguro, peneliti robot terkemuka asal Jepang, Geminoid DK menyerupai Profesor Henrik Scharfe dari Aalborg University, Denmark.
Scharfe mengatakan, robot ini dibuat selama kurang lebih satu tahun. Ia dalam waktu dekat akan ke Jepang untuk melakukan eksperimen bersama robot kembarannya.
"Setelah itu, robot ini akan dibawa ke Denmark dan menempati sebuah laboratorium yang dirancang khusus," paparnya.
Penelitian yang akan dijalankan Scharfe serupa dengan yang dilakukan Ishiguro dengan robot kembarannya, Geminoid HI-1. Fokusnya adalah pada 'bobot emosi' interaksi manusia dengan robot dan juga perbedaan budaya dalam melihat robot.
Geminoid DK adalah robot Geminoid pertama yang dibuat berdasarkan model non-Jepang, dalam hal ini pria 'bule'. Karena Scharfe memiliki jenggot, ini juga menjadi robot pertama yang berjenggot.
Seperti Geminoid lainnya, kendali gerakan dan ekspresi robot ini dilakukan dari jarak jauh melalui motion-capture system. Artinya, setiap ekspresi wajah dan gerak kepala operator akan diikuti oleh sang android.
Mau melihat aksinya dalam video ?