Minggu, 30 Juni 2013

8 Keterampilan Yang Perlu Dikuasai Sebelum Kuliah


Masa kuliah adalah ketika anak mulai masuk ke fase menuju kedewasaan. Berbagai hal yang terjadi di dunia perkuliahan pun mendukung kesiapan anak yang nantinya terjun ke kehidupan masyarakat.

Bahkan sebelum masuk kuliah, sebenarnya orang tua perlu memastikan kalau anak sudah menguasai keterampilan seperti yang dilansir dari GalTime ini untuk bisa bertahan di antara yang lain.

Manajemen keuangan
Kebanyakan anak kuliah memilih untuk menuntut ilmu dan jauh dari orang tua. Jadi keterampilan yang satu ini sangat perlu untuk dikuasai sebelum anak masuk kuliah.

Tanggung jawab pribadi
Kuliah identik dengan hidup sendiri, dan sikap mandiri perlu diterapkan sejak sebelum anak masuk kuliah. Sebab ada tanggung jawab pribadi yang harus diselesaikan sendiri oleh anak.

Tepat waktu
Biasanya, anak masih tergantung pada orang tua untuk mengingatkan mereka tentang hal-hal tertentu. Namun ketika sudah memasuki fase perkuliahan, anak harus belajar dan menguasai keterampilan untuk selalu tepat waktu dalam menjalani sesuatu.

Sosialisasi
Anak perlu tahu bagaimana caranya berbicara, berdiri, dan menyapa orang baru dengan baik. Keterampilan yang satu ini disebut juga dengan sosialisasi dan anak perlu menguasainya bahkan sebelum masuk kuliah.

Tahu batasan
Sisi negatif dari hidup sendiri ketika kuliah adalah anak merasa bebas dan merdeka, sehingga terkadang mereka kurang tahu batasan dalam hal norma dan adat lainnya. Jadi pastikan anak tahu dan mampu menguasai batasan sebaik-baiknya.

Disiplin
Disiplin adalah salah satu faktor penentu kesuksesan di masa depan. Ajarkan bagaimana caranya disiplin tanpa memaksa. Beri contoh nyata berupa tindakan. Dengan demikian, anak akan menguasainya sebelum masuk kuliah.

Mengambil keputusan
Mampu mengambil keputusan sendiri adalah keterampilan lain yang perlu dikuasai anak sebelum masuk kuliah. Jika mereka mampu melakukannya, anak akan sanggup bertahan tanpa bergantung pada orang lain.

Menghargai
Terakhir, pastikan anak tahu bagaimana caranya menghargai dan menghormati orang lain. Sebab tidak ada gunanya jika anak pandai menjaga dirinya, namun gagal mengakui kehebatan orang lain di sekelilingnya.

Bertambahnya usia berarti bertambah juga tanggung jawab dan beban yang dipikul. Jadi sebelum masuk kuliah dan menghadapi dunia luar sendirian, anak setidaknya harus mampu menguasai kedelapan keterampilan tersebut di atas.